Cara Mengajarkan Anak Menulis mudah dipraktikkan 

Cara Mengajarkan Anak Menulis


Membaca dan menulis merupakan kemampuan dasar yang perlu diajarkan sejak dini. Dengan kemampuan membaca dan manulis maka seseorang bisa mendapatkan berbagai informasi untuk perkembangan kognitifnya. Oleh karena itu, jika kalian memiliki anak maka penting untuk mengetahui bagaimana cara mengajarkan anak menulis sehingga anak bisa menulis lebih cepat meskipun anak anda belum memasuki usia sekolah. 

Tips mudah mengajarkan anak menulis sejak usia dini

Belajar menulis merupakan salah satu langkah yang paling efektif untuk mengasah serta mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Motorik halus ini sendiri merupakan perkembangan gerak yang meliputi otot kecil dengan koordinasi mata-tangan. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak anda yang masih beliah menulis adalah sebagai berikut.

  1. Awali dengan memperhatikan cara anak memegang alat tulis

Langkah awal untuk melatih anak menulis adalah dengan mengajarinya memegang alat tulis. Cara praktis untuk mengajarkan anak memegang dengan benar adalah dengan memberikan contoh menggenggam ujung pensil/ pena pada tangan anak menggunakan ibu jari dan telunjuk. Kemudian disandarkan pada tepi tangan. Jika anak mengalmi kesulitan dalam proses maka anak bisa memegang sesuai kenyamanan mereka. 

  1. Gunakan buku bergaris untuk menulis 

Cara mengajarkan anak menulis selanjuntya adalah dengan menggunakan buku bergaris dan gunakan pensil untuk menulis. Buku bergaris ini bisa membantu anak untuk menulis dengan rapi. Selain itu, kalian juga bisa memberikan contoh tulisan agar anak bisa mengikuti contoh tulisan yang bunda berkan. Bunda bisa memberkan contoh menulis yang baik pada anak sehingga anak bisa menirukan bagaimana cara menulisnya. 

  1. Latih menulis dengan permainan dan perlahan 

Sedangkan langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan permainan dan ajarkan secara perlahan. Anak-anak memang suka bermain sehingga melatih dengan metode bermain sangat penting sehingga ketika anak berlatih menulis mereka tidak berasakan bahwa mereka sedang berlatih. Yang mereka rasakan adalah sedang bermain dengan alat tulis. Selain itu, kalian juga perlu mengajari anak secara perlahan karena mengajari anak menulis memang membutuhkan kesabaran. Salah satu tips yang bisa digunakan untuk tahapan ini adalah dengan mengajari anak secara perlahan ditahap-tahap tertentu. 

Dengan beberapa tips dan cara mengajarkan anak menulis diatas, maka anak-anak bisa  cepat menulis. Hal yang terpenting bagi orang tua adalah bersabar ketika mengajari anak menuis. 

Deksripsi: cara mengajarkan anak menuls bisa dilakukan dengan mudah sehingga kalian tidak perlu bingung ketika ingin mengajari anak anda menulis sejak dini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.